MEDIA KOMPUTER
DISUSUN
OLEH
KELOMPOK: 5
ANDAWIYAH (1302090091)
RAHMAWATI (1302090090)
NURRIZKA (1302090092)
SARAH (1302090093)
UNIT : V/C
MAKUL : Sumber Dan Media Pembelajaran
DOSPEN :
Drs HAMBALI, M.Pd
![]() |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ALMUSLIM
MATANGGLUMPANGDUA, BIREUEN
2015
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT yang telah menolong hamba-Nya
menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan-Nya mungkin
Penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik.
Makalah ini disusun berdasarkan pengamatan dari berbagai
sumber. Makalah ini disusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang
dari diri kami sebagai penyusun
maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama
pertolongan dari Allah SWT akhirnya Makalah ini dapat terselesaikan.
Makalah ini memuat tentang “Media Komputer.”kami juga mengucapkan terima kasih
kepada Dosen Pembimbing yang telah membimbing kami agar dapat menyelesaikan makalah ini.
Semoga Makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih
luas kepada pembaca.
Walaupun makalah
ini memiliki banyak kekurangan. Kami mohon untuk saran dan kritiknya.
Bireuen,11 November 2015
(KELOMPOK
5)
|
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR .........................................................................................
DAFTAR ISI...................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN...............................................................................
A.
Latar
Belakang.....................................................................................
B.
Rumusan Masalah.................................................................................
C.
Tujuan ..................................................................................................
BAB II PENDAHULUAN.............................................................................
A. Pengertian Media Komputer...................................................................
B. Karakteristik Media Komputer...............................................................
C. Fungsi dan Kegunaan Media
Komputer ................................................
D. Aplikasi Komputer
dalam Kegiatan Pembelajaran ................................
E. Fungsi
dari hyperlink...........................................................................
BAB III PENUTUP.........................................................................................
A. Kesimpulan
..........................................................................................
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................
|
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Perkembangan
teknologi yang sangat pesat sangat berpengaruh dalamdunia pendidikan. Dengan
berkembangnya teknologi ini mengakibatkan berkembangnya ilmu pengetahuan yang
memiliki dampak positif maupun negatif. Perkembangan teknologi ini dimulai dari
negara maju, sehingga Indonesia sebagai negara berkembang perlu mensejajarkan
diri dengannegara-negara yang sudah maju tersebut. Perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam
pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar. Para guru dituntut agar
mampu menggunakan alat-alat yangdapat disediakan oleh sekolah, dan tidak
tertutup kemungkinan bahwa alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangan dan
tuntutan zaman.
Guru sekurang-kurangnya
dapat menggunakan alat yang murah dan efisien meskipun sederhana dan bersahaja
tetapi merupakan keharusan dalam upaya mencapai tujuan pengajaran yang
diharapkan. Disamping mampu menggunakan alat-alat yang tersedia, guru juga
dituntut untuk dapat mengembangkan ketrampilan membuat media pengajaran yang
akan digunakannya apabila media tersebut belum tersedia. Untuk itu guru harus memiliki
pengetahuan dan pemahamaan yang cukup tentang media pengajaran. Dari beberapa
model pembelajaran, ada model pembelajaran yang menarik dan dapat memicu
peningkatan penalaran siswa yaitu model pembelajaran berbasis computer. Pada
dasarnya, pembelajaran berbasis komputer adalah suatu sistem pengajaran yang
cocok dengan otak yang menghasilkan makna dengan menghubungkan muatan akademik
dengan konteks teknologi.
B. Rumusan Masalah
1.
Apasajakah karakteristik media komputer ?
2.
Apasajakah fungsi dan kegunaan media komputer ?
3.
Bagaimana mengaplikasikan media komputer?
c.
Tujuan
1.
Mengetahui karakteriskik media Komputer!
2.
Menjelaskan fungsi dan kegunaan media Komputer!
3.
Mendeskripsikan aplikasi media Komputer! .
BAB
II
PENDAHULUAN
A.
Pengertian Media Komputer
Media
Komputer merupakan mesin yang di rancang khusus untuk memanipulasi informasi yang secara otomatis
melakukan pekerjaan dan perhitungan sederhana. Satu unit computer terdiri atas
empat komponen dasar yaitu keyboard , Cpu pemroses data yang di input , penyimpanan data yang di simpan . pemanfaatan
computer untuk pendidikan yang di kenal dengan pembelajaran computer yang di
gunakan untuk mengadministrasikan tes dan pengelolaan administrasi sekolah,
penyajiaan informasi isi materi pelajaran, latihan atau kedua-duanya , dan
computer dapat menyajikan informasi dan tahapan pembelajaran lainnya di
sampaikan dengan media computer
Berikut
ini di kemukakan beberapa kekuatan dan keterbatasan computer yang di gunakan
untuk tujuan pendidikan .
a. Keuntungan
1.
Komputer
dapat mengakomodasi siswa yang lambat menerima pembelajaran dan dapat
memberikan iklim yang lebih bersifat afektif dengan cara yang lebih individual
.
2.
Komputer
dapat merangsang siswa untuk mengerjakan latihan, melakukan kegiatan
laboratorium atau simulasi dalam animasi grafik dan warna .
3.
Dapat
berhubungan dengan video dalam program computer.
b. Keterbatasan
1.
Menggunakan
computer di perlukan pengetahuan dan keterampilan khusus tentang computer
2.
Beragaman
model Komputer (perangkat keras)
3.
Komputer
hanya efektif bila di gunakan satu orang atau beberapa orang dalam kelompok dan
mampu nmemproyeksi layar secara lebih besar.
B. Karakteristik Media
Komputer
Komputer merupakan jenis
media yang secara teknis dapat menyediakan respons yang
segera terhadap hasil belajar yang dilakukan oleh siswa. Lebih dari
itu, komputer memiliki kemampuan menyimpaan dan memanipulasi
informasi sesuai dengan kebutuhan serta menayangkan beragam bentuk media
di dalamnya.Saat ini teknologi komputer tidak lagi hanya digunakan sebagai
sarana komputasi dan pengolahan kata (word processor), tetapi juga
sebagai sarana belajar multimedia yang memungkinkan mahasiswa membuat
desain dan rekayasa suatu konsep dan ilmu pengetahuan.Multimedia
berbasis komputer dapat pula dimanfaatkan sebagai saranadalam melakukan
simulasi untuk melatih keterampilan dan kompetensi tertentu.
Perkembangan
teknologi komputer saat ini telah membentuk suatu
jaringan
(network) yang dapat memberi kemungkinan bagi siswa:
Karakteristik media hasil
teknologi yang berdasarkan komputer:
a.
Mengumpulkan data mengenai siswa
b.
Dapat digunakan sesuai keinginan siswa atau perancang.
c.
Gagasan disajikan dalam gaya abstrak dengan simbol dan
grafik.
d.
Berorientasi pada siswa dan melibatkan interaktifitas siswa
yang tinggi
e.
Membuat catatan perkembangan pembelajaran (kelompok
atau perorangan)
C. Fungsi dan Kegunaan
Media Komputer
Adapun fungsi media komputer
dalam pembelajaran diantaranya sebagai alat untuk
memperjelas pesan yang disampaikan guru. Serta untuk pembelajaran
individual dimana kedudukan media sepenuhnya melayani kebutuhan belajar
siswa (pola bermedia).
Penggunaan Multimedia presentasi
digunakan untuk menjelaskan materi-materiyang sifatnya teoritis, digunakan
dalam pembelajaran klasikal dengan group belajar yang cukup banyak.
Media ini cukup efektif sebab menggunakan multimedia
proyektor yang memiliki jangkauan pancar cukup besar.
Kelebihan
media ini adalah menggabungkan semua unsur media seperti teks,
video, animasi, image, grafik, dan sound menjadi satu kesatuan penyajian
sehingga mengakomodasi sesuai dengan modalitas belajar siswa multimedia interaktif
dapat digunakan pada pembelajaran disekolah, sebab cukup efektif karena
meningkatkan hasil belajar siswa terutama komputer. Selain itu, juga
bersifat multimedia yang mempunyai unsur-unsur lengkap meliputi sound, animasi,
video, teks, dan grafis.c. Video Pembelajaran Selain CD interaktif, video
termasuk media yang dapat digunakan untuk pembelajaran di SD. Video ini
bersifat interaktif-tutorial yakni membimbing siswa untuk memahami sebuah
materi melalui visualisasi. Siswa juga secara interaktif mengikuti kegiatan
praktik sesuai yangdiajarkan dalam video. Penggunaan CD interaktif di SD cocok
untuk mengajarkan suatu proses. Misalnya cara penyerbukan pada tumbuhan, teknik
okulasi, pembelahan sel, proses respirasi, dan lain-lain.
D. Aplikasi Komputer dalam Kegiatan Pembelajaran
Aplikasi
komputer dalam bidang pembelajaran memungkinkan berlangsungnya proses
belajar secara individual (individual learning). Pemakai komputer atau user
dapat melakukan interaksi langsung dengan sumber informasi.
Perkembangan teknologi komputer jaringan (computer network/Internert)
saat ini telah memungkinkan pemakainya melakukan interaksi dalam
memperoleh pengetahuan dan informasi yang diinginkan.Berbagai bentuk interaksi
pembelajaran dapat berlangsung dengan tersedianya medium komputer.
Beberapa
lembaga pendidikan jarak jauh di sejumlah negara yang telah maju
memanfaatkan medium ini sebagai sarana interaksi. Hyper-link Hyperlink adalah
cara untuk menghubungkan suatu bagian dalam slide, file, program,
atau halaman web dengan bagian lainnya dalam bidang-bidang tersebut. Hyperlink
digunakan untuk menunjukan lokasi lain dari dari teks atau objek yang
dipresentasikan. Hyperlink dapat menghubungkan beberapa dokumen,
file, objek, aplikasi, halaman web dan sebagainya. Hyper-link terdiri
dari dua fungsi sebagai penghubung, yaitu: Hyper-link antar file (dari file jenis
powerpoint ke file lain)
Hyperlink adalah cara untuk menghubungkan suatu bagian di
dalam slide, file, program ataupun pada halaman web dengan bagian yang lainnya
dalam bidang-bidang tersebut. Hyperlink sering dipakai untuk menunjukan lokasi
lainnya dari dari teks maupun objek yang diperlihatkan atau dipresentasikan.
Hyperlink dapat menghubungkan beberapa file, objek, aplikasi, dokumen, halaman
web dan lain-lain.
Atau definisi hyperlink yang lainnya adalah suatu teks yang
akan mengarahkan ke tampilan dokumen atau halaman lain. Hyperlink sering kita
kenal dengan link, kalau kita menklik hyperlink pada halaman suatu website
berarti kita telah menbrowse WWW (World Wide Web) dan menuju ke halaman
yang lain ataupun ke dokumen lain.
E. Fungsi
dari hyperlink
Fungsi Hyperlink yaitu, lebih sering
disingkat atau disebut Link merupakan suatu fungsi dalam HTML (Hyper Text
Markup Language) yang memiliki tujuan untuk memudahkan visitor atau pengunjung
pada suatu web untuk menelusuri berbagai informasi yang tersimpan di dalam
suatu website yang dikunjunginya, dan link juga berguna untuk menghubungkan
antar dokumen HTML.
Link pada umumnya ditampilkan dalam huruf
dengan warna yang berbeda, apabila kursor mouse komputer kita diarahkan ke link
tersebut maka huruf akan kelihatan bergaris bawah dan juga kursor biasanya akan
berubah bentuk menjadi gambar tangan yang menujuk pada link tersebut. Jika link
tersebut sebelumnya pernah di kunjungi atau diakses, maka objek link tersebut
warnanya berubah mejadi ungu atau warna lainnya. Link dapat juga dipasang pada
gambar dan jika kita mengklik gambar tersebut akan dibawa ketampilan yang lain.
BAB
III
PENUTUP
B. Kesimpulan
- Komputer
merupakan satu perangkat pengolah data yang dapat didesain dan
dikembangkan untuk membantu manusia menjalankan aktivitasnya
- Sebagai
alternatif sumber belajar, komputer digunakan untuk mentransfer materi-materi
kepada peserta didik atau dalam konteks pembelajaran disebut dengan Media
Pembelajaran Berbasis Komputer.
- Media
pembelajaran adalah semua bentuk perantara yang digunakan dalam
pembelajaran yang berupa informasi, pendapat atau gagasan yang dapat
memberi rangsangan kepada peserta didik sehingga terjadi interaksi antara
pemberi pesan dan penerima pesan.
- Komputer
adalah seperangkat elektronik yang dapat menerima masukan(input),
dan selanjutnya melakukan pengolahan (process) untuk
menghasilkan keluaran (output) berupa informasi secara
cepat melalui suatu program atau aplikasi tertentu.
- Bentuk-bentuk
penggunaan komputer sebagai media pembelajaran :Penggunaan Multimedia
Presentasi, CD Multimedia Interaktif, dan Video Pembelajaran
DAFTAR
PUSTAKA
Arsyad Azhar .2007 Media pembelajaran .Jakarta : PT
Raja Gravindo persada,
Usman. 2009. Media pembelajaran . Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada. panjidewantoro./2013/03/plain-hyper./2009/12/pengertian-hyperlink.

Vint Ceramic Flask - TITanium Arts
BalasHapusWe made our own bottle of viticulture, titanium rings for women our titanium grey unique viticulture project, to create how to get titanium white octane an artificial water bath and the vinting made $12.00 · mens titanium watches In 2017 ford fusion hybrid titanium stock
w224k2inpkt896 vibrators,sex chair,dog dildos,dildo,realistic dildo,real dolls,wolf dildo,silicone sex doll,sex toys x377x6qiuoh220
BalasHapus